PEMBEKALAN PRAKTEK KEGURUAN

Pada hari Rabu tanggal 11-12 juli 2018 Fakultas Tarbiyah IAILM memberikan pembekalan bagi peserta Prakter Keguruan yang akan diterjunkan ke lapangan. Acara diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Drs. Nurhamzah CS, M. SI., M. P. Mat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Praktek Keguruan merupakan kegiatan rutin Fakultas Tarbiyah dengan tujuan agar para mahasiswa dan mahisiswi dapat menimba ilmu dari lapangan, melihat perkembangan ilmu yang bergerak secara dinamis di lapangan. Dengan demikian mahasiswa bisa beradaptasi dengan lingkungan, demikian ungkapannya.

Peserta Praktek Keguruan kali ini diikuti oleh 108 peserta yang terdiri dari tiga prodi, prodi PAI, PGMI, dan PIAUD. Sedangkan sekolah yang akan dijadikan objek praktikum sebanyak 30 sekolah. Untuk prodi PIAUD jumlah peserta sebanyak 10 orang dan akan diterjunkan di 5 sekolah. Nana Suryana, M. Pd selaku Ketua Panitia menyampaikan penyerahan peserta ke lokasi akan dilaksanakan pada tanggal 16 juli 2018, sedangkan unjuk kerja dilaksanakan dari tanggal 23 juli sampai dengan 1 september 2018. Selama pelaksanaan unjuk kerja di lapangan para peserta diharuskan berkonsultasi dan berkomunikasi dengan Guru Pamong dan Kepala Sekolah.

Pada sesi pembekalan pertama diisi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  yang diwakili oleh Sekdis Edi Ruswandi Hidayatulloh, S. Pd., MM. Tema yang disampaikan adalah terkait dengan kebijakan dinas pendidikan dan kebudayaan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Edi menyampaikan saat ini Kab. Tasikmalaya kekurangan Guru SD sebanyak 3563 guru dari jumlah SD sebanyak 1076 sekolah. Dengan demikian output atau lulusan Fakultas Tarbiyah sangat diharapkan untuk menutupi kekurangan tersebut. Sedangkan beberapa program yang tengah diupayakan untuk menigkatkan kualitas Guru diantaranya adalah  in on in, IHT, dan optimalisasi kegiatan MGMP. Praktek Keguruan harus dimanfaatkan untuk mengambil materi tentang strategi mengajar, cara mengajar, dan cara mendidik yang baik dengan metode dan pendekatan kurikulum 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *