ZIARAH DAN NGARAS SEBELUM UAS

Ujian akhir semester merupakan momentum untuk mengevaluasi capaian pengajaran dan pembelajaran. Dengan ujian akan diketahui sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam memahami berbagai materi yang telah disajikan oleh dosen. Begitu pula dosen akan mengetahui bagaimana keberhasilannya dalam menyampaikan materi selama proses belajar mengajar.

Selain dari itu ada manfaat yang sangat besar dengan diselenggarakannya ujian, yaitu peningkatan kualitas spiritual. Secara umum mahasiswa yang akan menghadapi ujian akan rajin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT, melalui berbagai kegiatan keagamaan seperti sholat, berdo’a, minta dido’akan dan sebagianya. Dalam momentum ini pihak Program Studi PIAUD mengagendakan pelaksanaan ziarah dan ngaras ke Makom Guru Agung Syekh Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin dan keluarga. Tujuannya adalah untuk menanamkan nilai-nilai spiritual pada diri mahasiswa sebelum menghadapi UAS. Ziarah qubur selain untuk mendo’akan ahli qubur juga untuk menguatkan keimanan dan ketaqwaan karena mengingatkan seseorang pada kematian.

Ngaras merupakan budaya santri khususnya di Pondok Pesantren Suryalaya. Yaitu mendatangi guru atau ahlul baet yang ada untuk bersilaturahmi dan mushofahah. Pada kegiatan ini mahasiswa meminta do’a dari guru dan ahlul baet untuk dido’akan agar lancar menghadapi Ujian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *